Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan


Hai, saya akan sedikit memberikan gambaran tentang bagaimana cara memperpanjang STNK 5 Tahunan.
Tulisan ini bersumber pada pengalaman saya yang memperpanjang STNK 5 Tahunan pada tanggal 14 Juli 2014.

Langkah-langkahnya:
           1. Cek fisik kendaraan.
Sebelum ke petugas cek fisik, nanti Anda akan di suruh untuk memfotocopy BPKB, STNK, dan KTP.
Serahkan fotocopy-an tersebut kepada petugas.
Petugas cek fisik nanti akan memeriksa nomor mesin motor Anda.
Setelah selesai, nanti akan di berikan hasil cek fisik tadi dan fotocopy di kembalikan ke Anda.
Selanjutnya ke Loket Pendaftaran.



2.   Masuk ke loket pendaftaran
Masukan semua berkas tadi, termasuk BPKB Asli, STNK Asli, dan KTP Asli.
Di sini nanti Anda akan di beri Nomor Antrean .Kemaren saya dapat No A 170, beuhh lama banget, karena pas saya dapat nomor itu, yang di panggil baru No A 139. Kebayangkan, lama dan ngantuknya (karena puasa.hehe).



3.   Membayar sejumlah uang
Setelah menunggu lama, akhirnya nomor saya di panggil.
Dan kemarin saya membayar sejumlah Rp 309.00,00.
Oh ya, kemarin saya telat 18 hari (STNK ter-bawa ke Jakarta) dan denda 18 hari itu sejumlah  Rp 35.200,00. Buat agan-agan, jangan telat yaaaa...
Setelah membayar, jangan pulang dulu., kan STNK nya belum dapet ^^.
Nah, kamu nunggu lagi untuk di panggil mendapat STNK baru.



 4.   Menunggu penyerahan STNK
Setelah menunggu cukup lama, akhirnya di panggil juga.
Saya cukup kaget juga, karena diminta no hp. Hal ini dikarenakan STNK baru akan keluar sekitar 6 bulan kedepan.  Dan, katanya akan diberitahu lewat SMS. Jangan khawatir, karena Anda akan di kasih Surat Keterangan Pajak Daerah, sebagai tanda Anda sudah bayar pajak.
Terus, kamu nanti akan di suruh ke bagian TNKB [Tanda Nomor Kendaraan Bermotor{kalau gak salah ^^}].

Di bagian TNKB, kamu akan di kasih RESI PENGGANTI PLAT SEMENTARA, karena Plat akan keluar sekitar 1 tahun lagi ^^. Jangan lupa kasih nomor hp agan yaaa....


Nah, begitulah cerita singkat tentang Bagaimana Cara Memperpanjang STNK 5 Tahunan.
Saya agak sedikit bingung, karena dulu  seingat saya Memperpanjang STNK 5 Tahunan akan di kasih langsung STNK Baru-nya. Tapi sekarang nunggu 6 bulan. Mungkin ada banyak perubahan yang saya TIDAK UPDATE ^^.

TAAT BAYAR PAJAK YA Gan,....
Semoga bermanfaat.


Tags:
Bagaimana cara perpanjang STNK, Bayar STNK 5 Tahunan, Bayar Pajak Telat, STNK Terlambat, Perpanjang STNK, Bagaimana Bayar Pajak Motor, STNK, Memperpanjang STNK.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan ATM Terblokir dan Tabungan yang Hilang

Sakitku di Flores

Berwisata ke Candi Gedong Songo