Refleksi 10 Hari Pertama Ramadhan

Malam ini adalah malam ke-11 Ramadhan 1434 H. Sekadar mengisi waktu malam, saya mencoba melakukan refleksi 10 hari pertama puasa.



Puasa pertama, saya lalui di rumah, yaitu di Banyumas.
Tapi pada puasa ke-6 saya lalui di kontrakan, Semarang.
Beberapa target sudah saya pikirkan sebelum puasa, diantarnya adalah shalat tarawih full, sahur full, dan baca Al Qur'an khatam. Itu adalah beberapa target yang sudah saya rencanakan.

Sejalan dengan 10 Ramadhan yang usai, target yang sudah saya buat mempunyai nilai sebagai berikut:

Tarawih full, tapi ada beberapa yang di kerjakan sendiri.
Sahur full, masih dapat melaluinya
Baca Al Quran, sudah sampai Juz ke-10. Target saya 1 hari, 1 Juz.

Alhamdulilah, beberapa target sudah terlalui dengan cukup lancar.
Target yang masih sulit di lalui adalah berkaitan dengan menahan emosi dan hawa nafsu.
Meski sudah saya redam, tapi masih saja mengalami kesulitan

Semoga di 20 hari Ramadhan ke depan bisa lebih baik lagi. Pada semua target yang saya rencanakan. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan ATM Terblokir dan Tabungan yang Hilang

Sakitku di Flores

Berwisata ke Candi Gedong Songo