Mengenang Malam Pertama Puasa di Flores



Banyumas, 9 Juli 2013

Malam ini adalah malam pertama di bulan Ramadhan 1434 H. Rasanya kali ini lebih tenang di banding tahun lalu. Pada Ramadhan tahun lalu saya masih berada di Flores.
Sekadar untuk mengingat kenangan saat Ramadhan di Flores, saya membuka file di flashdisk tentang catatan harian selama saya di Flores.


Setelah saya cari-cari akhirnya saya temukan catatan harian selama di Flores.
Ternyata tahun lalu puasa pertama hari Sabtu, 21 Juli 2012.

Hari pertama tentu ingat keluarga di Jawa, karena suasana di sana tentu saja berbeda. Hal ini juga di karenakan beberapa hal diantaranya saya harus masak sahur sendiri, dan mengurus semua kegiatan mengurus rumah kontrakan. Tapi itu semua membawa dampak yang sangat positif bagi saya. Saya menjadi lebih dewasa dalam berpikir dan juga sangat mandiri.

Rasa khawatir akan kesendirian di sana musnah saat murid-murid dan anak-anak di sekiling rumah yang selalu menemani hari-hari saya. Begitu juga dengan masyarakat di sekitar, terutama suku Bugis yang sangat baik. Mereka selalu memberi makanan pada saya dan juga kue-kue buatan mereka sendiri (suku Bugis sangat pandai membuat kue), dan hebatnya mereka member makanan saya setiap hari.

Sekadar mengingat saat hari pertama puasa, pada saat buka di kasih makan oleh mama Iksan, mama Ambo, nenek Lidya, mama Amrul. Mereka ada yang mengasih saya kue, kolak, ikan bakar, ikan goreng, dan ikan yang di masak pakai santan. Pokoknya orang-orang Bugis itu sangat baik sekali.

 Mushola Tempatku Beribadah
Tepat di depan kontrakanku
(Sekarang katanya sudah di perbesar)

Saya kangen dengan anak-anak yang selalu menemani saya tidur, mereka adalah Ali, Fadil dan juga Naim. Semoga mereka selalu sehat dan rajin belajar ^^.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengembalikan ATM Terblokir dan Tabungan yang Hilang

Sakitku di Flores

Berwisata ke Candi Gedong Songo